Selasa, 03 Maret 2015

mengenal ayam bakisar

Ayam Bekisar.
Ayam Bekisar adalah satu-satunya ayam lokal di dunia yang berasal dari persilangan 2 spesies ayam yang berbeda, yaitu: Ayam Kampung (Gallus gallus domesticus) betina dan Ayam hutan hijau (Gallus varius) jantan.
Ayam Bekisar sangat populer sebagai ayam hias di Jawa Timur termasuk Pulau Madura.
Ayam Bekisar banyak dicari orang terutama karena karakter suara kokoknya yang unik. Selain itu, warna dan bentuk tubuh ayam Bekisar juga menarik.
6.ayam bekisar 1
Gambar 6. Ayam Bekisar Merah.
Berdasarkan ciri-cirinya, ayam Bekisar dapat dibedakan menjadi 3 tipe, yaitu:
(1). Gallus aenus dengan jengger bergerigi 8 kecil,pial berukuran sedang, warna bulu pada lapisan atas ungu dengan plisir kuning emas.
(2).Gallus temminckii memiliki jengger bergerigi enam, pial berwarna jambu, bulu merah mengkilap dan berplisir merah kecoklatan.
(3). Gallus violaceus dengan jengger bergerigi bagus, ukuran pial sedang, warna bulunya ungu dengan permukaan yang halus.
6.ayam bekisar 2
Gambar 7. Ayam Bekisar Merah.
Ayam bekisar memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan ukuran ayam kampung jantan, tetapi lebih besar daripada induk jantannya. Warna bulunya hitam kehijauan dan mengkilap. Memiliki suara yang halus dan khas: tersusun dari dua nada.
Ciri fisik khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk ujung bulu lehernya  yang membulat , bentuk gelambir yang besar dan pial yang besar dengan tepi membulat.
Ayam bekisar biasanya mandul (infertile) karena merupakan hasil persilangan antara dua jenis ayam yang berbeda. Namun demikian, tidak semuanya demikian.
6.ayam bekisar 3
Gambar 8. Ayam Bekisar Kuning.
Ada pula ayam bekisar (jantan atau betina) yang bila dikawinkan dengan ayam kampung menghasilkan keturunan. Turunan ayam ini disebut Bekikuk. Bentuk dan posturnya sama dengan ayam Bekisar, hanya kadang-kadang pial dan bulu lehernya berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar