Selasa, 03 Maret 2015

mengenal ayam balenggek

Ayam Balenggek.
Ayam Kukuak Balenggek adalah ayam lokal asli ranah minang Sumatera Barat. Ciri khas terletak pada pejantannya yang memiliki suara kokok (kukuak) sangat merdu dan bertingkat-tingkat (balenggek). Suara kokoknya bervariasi dari 6 tingkat hingga 24 tingkat.
Sepintas, ayam kukuak balenggek hampir sama dengan ayam kampung biasa, namun rata-rata ukurannya tergolong kecil hingga sedang dengan warna bulu bervariasi. Jengger umumnya tunggal dan berbentuk bilah/gerigi (single comb).
Ayam ini mula-mula tersebar di beberapa desa di Kecamatan Payung Sekaki dan Tigo Lurah (antara lain; Simanau, Simiso Batu Bajanjang, Garabak Data, Rangkiang, Muaro dan Rangkiang Luluih) Kabupaten Solok.
2.Ayam Kukuak Balenggek
Gambar 2. Ayam Balenggek dari Sumatera Barat.
Konon  ceritanya, ayam kukuak balenggek berasal dari keturunan ayam kinantan milik Cindua Mato yang mengawini ayam hutam di Bukit Sirayuah Kecamatan Payung Sekaki dan berkembang biak hingga sekarang.
Populasi dan kualitas indukan ayam balenggek di tempat asalnya kini terus menurun akibat maraknya pembelian ayam-ayam jantan oleh orang dari luar daerah. Pejantan yang berkualitas ini umumnya dibeli dengan harga sangat tinggi.
Oleh penduduk setempat, ayam yang kualitasnya rendah dijadikan ayam konsumsi. Sedangkan serangan ND (Newcastle Disease) juga menyebabkan semakin menurunnya populasi ayam Kukuak Balenggek ini.
Dalam satu periode peneluran, ayam Kukuak Balenggek mampu menghasilkan telur antara 12-14 butir. Pada usia 6 bulan bobot dapat mencapai 1,6 hingga 2,2 kg.
Ayam Kukuak Balenggek cukup prospektif untuk dijadikan sebagai ayam petelur dan pedaging, namun potensi yang sangat besar sebagai ayam hias, kiranya tak perlu diragukan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar