Selasa, 03 Maret 2015

mengenal ayam cemani

Ayam Cemani.
Ayam cemani adalah varian ayam kedu hitam yang berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah. Ayam ini sangat unik karena seluruh bagian luar tubuhnya berwarna hitam sempurna.
Jengger berbentuk tunggal (single comb), gelambir, bulu, kulit, paruh, kuku, ceker, lidah dan langit-langit mulut, semuanya berwarna hitam legam. Bahkan daging dan tulangnya pun berwarna hitam. Kata cemani berasal dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuno yang berarti hitam legam.
Ayam Cemani banyak dibudidayakan oleh masyarakat di desa Kedu, desa Beji dan desa Kahuripan, Kecamatan Kedu. Kabupaten Temanggung. Proses seleksi dilakukan secara tradisional dengan menyilangkan ayam cemani jantan dan ayam cemani betina.
Cemani Sepasang
Gambar 10. Ayam Cemani, varian  ayam Kedu berwarna hitam legam.
Asal-usul ayam Cemani ini kurang begitu jelas, namun diduga berasal dari hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam Australops yang dibawa oleh tentara Inggris saat Raffles menjadi Gubernur di Indonesia. Ayam Cemani tercatat sudah ada sejak tahun 1900-an.
Sosok ayam cemani tidak berbeda jauh dengan ayam kedu pada umumnya, dengan bobot 3-3,5 kg (jantan) dan 2-2,5 kg (betina). Produksi telur ayam cemani cukup tinggi. Untuk ayam yang diumbar dan semi intensif, produksi telur berkisar 56-77 butir/tahun.
Jika dipelihara secara intensif di kandang batere, ayam Cemani dapat memproduksi telur hingga 215 butir/tahun. Meskipun bobot dan produksi telur tergolong tinggi, ayam cemani lebih berpotensi untuk dikembangkan sebagai ayam hias.
“Mengenal Lebih Jauh Ayam Cemani” oleh Muryanto pada Majalah Poultry Indonesia No. 132/TH XII-Januari 1991, halaman 16-20).

1 komentar:

  1. The 13 best casinos in Las Vegas | jtmhub.com
    3.8M. The Wynn and Encore in Las Vegas 영주 출장안마 are 나주 출장마사지 all 울산광역 출장샵 considered high-end hotels by many Vegas gamblers. · The Wynn Las Vegas. · 동해 출장마사지 The Wynn 의정부 출장샵 Las Vegas. · The

    BalasHapus